Kamis, 25 September 2014

Pertemuan KP Ibu dan Kegiatan Saling Berkunjung



Pertemuan KP Ibu di Kelurahan Tegal Alur

Kegiatan KP Ibu difasilitasi oleh motivator KP Ibu yang merupakan teman sebaya dari para peserta KP Ibu yang telah mendapatkan pegetahuan dasar dan keterampilan dasar untuk memfasilitasi diskusi KP Ibu yang diperoleh melalui  pelatihan motivator.  Jumlah peserta KP Ibu antara 8-10 orang dengan lamanya pertemuan minimal 1 jam yang dilakukan 2 x sebulan.

Sebelum pertemuan KP Ibu dilaksanakan, motivator akan berkoordinasi dengan kader tentang mekanisme mengundang peserta. Pada saat pertemuan KP Ibu, kemungkinan ada beberapa peserta yang ingin berdiskusi lebih lanjut dengan motivator, bayi mereka sakit atau habis melahirkan sehingga tidak bisa datang ke KP Ibu, pada saat inilah motivator bisa berkunjung ke rumah peserta. Untuk kepesertaan didiskusikan dengan peserta apakah keanggotaannya tertutup dengan topik yang sudah disepakati atau terbuka dimana siapapun bisa menjadi anggota KP Ibu.

Pertemuan KP Ibu di Kelurahan Kamal tahun 2011


Pertemuan KP Ibu di Kelurahan Kamal 

Pertemuan KP Ibu di RW 08 Kelurahan Kedaung Kaliangke

Untuk dokumentasi kegiatan KP Ibu dan Kunjungan Rumah perlu disepakati form apa saja yang dipakai. Hal ini agar informasi yang diambil oleh motivator juga dapat dimanfaatkan untuk informasi di Kelurahan dan Puskesmas. Dokumentasi menjadi sangat penting untuk meihat sejauh mana perkembangan KP Ibu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar