Kamis, 25 September 2014

Pertemuan Evaluasi Lintas Sektor

Kegiatan Pra rembuk RW di Kelurahan Tegal Alur


Pertemuan lintas sektor bisa dilakukan dengan bermacam-macam bentuk, misalnya workshop, audiensi, road show, publikasi untuk media coverage ataupun integrasi dengan kebijakan pemerintah seperti pra rembug RW.

Pertemuan Evaluasi Lintas Sektor adalah tahapan yang dilakukan bertujuan untuk mendiskusikan isu yang terkait dengan kesehatan ibu dan anak serta mendiskusikan pelaksanaan KP Ibu di wilayahnya, baik dalam hal perkembangan KP Ibu, pencapaian serta tantangan yang dihadapi di lapangan.

Pertemuan evaluasi bisa dilakukan untuk sasaran yang berbeda-beda. Bisa dilakukan antar stakeholder yang terlibat langsung dalam proses kegiatan ataupun lintas sektor dari tingkat Kelurahan/Desa, Kecamatan maupun tingkat walikota dan Provinsi. Pertemuan evaluasi lintas sektor idealnya dilakukan 1 kali dalam 1 tahun. Untuk pertemuan stakeholder di tingkat Kelurahan/Desa dan Kecamatan bisa dilakukan 3 bulan 1 kali.


Pra rembuk RW di Kelurahan Kamal 2013

Di dalam pertemuan ini juga dibahas bagaimana membangun koordinasi dengan stakeholder dan pemimpin lokal, bagaimana memunculkan kebutuhan di masyarakat untuk memperluas kegiatan serta menggalang dana untuk kegiatan perluasan. Di dalam pertemuan ini akan strategis sekali jika dibahas tentang keseragaman data yang akan dikumpulkan untuk kegiatan KP Ibu untuk Puskesmas/Kelurahan/PKK sehingga dokumentasi kegiatan bisa maksimal.



Kegiatan Evaluasi Kegiatan Kesehatan Ibu dan Anak (KP Ibu) bersama Rembug RW di Kelurahan Rawa Buaya (2011)

Sedangkan bagian lain adalah Pemantauan dan Evaluasi Kerja Kelompok Pendukung Ibu (KP Ibu), dimana sangat diperlukan untuk melihat sejauh mana program berjalan sesuai dengan target dan hasil yang ingin dicapai. Hal yang bisa dijadikan catatan: kehadiran peserta, partisipasi peserta dalam KP Ibu, Jumlah KP Ibu yang terbentuk dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar